Zumba Burn Fat With Gita (VBPR)

Hayuu, siapa sih Gita? Buat pencinta gym dan kamu yang kepo dengan pola hidup sehat ala selebgram, mungkin sudah tidak asing. Tapi buat yang masih gemuk, ngos-ngosan waktu lari seratus meter, dan tak ada niatan move up pasti belum kenal sama cewek cantik ini.

***

maxresdefault

 

Yess, nama lengkapnya Veronica Brigita Puput Rahayu. Lebih terkenal dengan nama Gita VBPR. Selebgram yang mulai aktif posting di instagram sejak tahun 2016 ini benar-benar jadi influencer untuk mereka yang bertekad menjadi lebih langsing. Dulu, berat badan doi 79 kg lho. Sekarang? Jangan ditanya ya, sedih jawabnya. Bikin iri dan dengki lahir batin. Gita berhasil menyusutkan 24 kg bobot tubuhnya dengan aktif ngegym dan menjaga pola makan selama satu setengah tahun.

27892148_1412597462199369_8873115929152585728_n

Gita ketika masih ‘gemuk’ dan setelah susut 24 kg.

Kalau yang saya tahu dari hasil kepo berkepanjangan di akun instagram dan YouTube channelnya, Gita termotivasi menjalankan gaya hidup sehat dan menurunkan berat badan menjadi ideal karena dorongan dari sang pacar yang kini sudah menjadi suaminya. Sebelum kenal Daffa (suaminya), Gita ternyata jomblo akut. Keinginan untuk memiliki pria itu seutuhnya-eciyeh- membuat dara berusia 22 tahun ini rela bersusah payah hingga menjadi seperti sekarang. Bermetamorfosis sempurna bak kupu-kupu. Berubah karena seseorang ke arah positif, tidak masalah bukan? Mas Tulus saja bilang, “Jangan cintai aku apa adanya,” eh.

 

hipwee-17439091_1831235730474366_446061336128913408_n

Gita dan suami (Daffa) yang konsisten menjalani hidup sehat dengan berolahraga.

 

Bagaimana saya menemukan Gita?

 

Semua berawal dari rasa kesal saya yang berkepanjangan. Mengapa berat badan bisa jadi semudah ini bertambah? Padahal porsi makan tidak bertambah banyak. Naik tangga dua lantai saja saya sudah ngos-ngosan. Siang hari pasti mengantuk, padahal pekerjaan butuh konsentrasi tinggi. Satu per satu pakaian sudah tidak nyaman dikenakan karena bentuk badan mulai tidak bersahabat. Kalau begini terus, kesehatan juga jadi taruhannya. Belum lagi omongan nyinyir mama saya sendiri yang terus mengatakan kalau badan saya makin melar, hiks.. Saya bertekad untuk berubah! Harus!

 

Seperti mendapat hidayah, jari jemari ini mulai mengantar nurani dan akal pikiran menjelajah dunia internet. Berbagai kata kunci saya ketik. Mulai dari ‘diet untuk pemula’, ‘kurus dalam waktu singkat’, hingga ‘diet murah meriah’, ahahaha… Semuanya nihil, mana ada hasil maksimal dengan cara instan dan pengorbanan minimal. Memangnya prinsip ekonomi?

 

Sampai akhirnya saya menjelajah YouTube dan menemukan GITA!!!

 

Video yang pertama kali saya lihat adalah Zumba Burn Fat by Gita Part II. Demi apa pun, ini video tutorial zumba paling manusiawi yang pernah saya temukan. Kalau lihat zumba versi lain, gerakannya luar biasa cepat dan susah ditiru. Apalagi mbak-mbak bule itu lincah banget, kayak orang nggak punya tulang. Untuk pemula alias nubie, saya sarankan ikutin aja versinya Gita. Dijamin ga akan pegel linu dan bikin pergelangan kaki kecengklak! Gerakannya teratur, mulai dari irama pelan, agak cepat, cepat, lalu pelan lagi khas pendinginan. Durasinya sebentar sekitar tiga puluh menit, tapi efeknya…. Banjir keringat, sodara-sodara!

Yang penasaran, seperti apa sih zumba mudah ala Gita? Langsung aja klik link yang sudah dilampirkan di atas (disini, saya nggak akan cuplik video apalagi capture fotonya. Dikhawatirkan, teman-teman jomblo yang pria jadi koslet karena pakaian Gita agak mini). Saya sendiri tidak merasa sedang olahraga, tapi hanya nge-dance mengikuti irama lagu yang lumayan ngebeat. Apalagi ketika lagu Sia-Move Your Body, waah… Loncat-loncat sambil nyanyi terasa dunia milik sendiri. Hehehe… Sudah hati riang, badan sehat, semoga kurusan: aamiiin! Yuk bantuin bilang amin,, aamiinn!!!

 

For your information, selain konsisten upload video tutorial zumba dan olahraga, Gita juga rajin kasih tips-tips mudah dan murah untuk diet. Intinya sih, dia bilang jangan berharap kurus ketika berolah raga. Tapi niatkan saja untuk hidup lebih sehat. Niscaya, berat badan akan otomatis menyesuaikan dengan usaha kita tersebut. Oya, saat ini jumlah subscriber YouTube channelnya sudah lebih dari 130.000 orang dan ia sudah meraup penghasilan hampir dua digit angka per bulan dari hasil mengunggah vlog dan berbagai tawaran endorse yang diterima.

 

Seperti yang diutarakan sang influencer, saya mulai mencoba rutin berolahraga dan zumba di rumah. Nggak mungkin juga ke gym, mahal dan campur baur laki-laki perempuan, hehehe. Dalam satu minggu, minimal tiga kali saya mengolah raga ini hingga berkeringat dan lebih semangat. Jika tak sempat olahraga, saya akan turun bus di pemberhentian yang agak jauh dari biasanya. Supaya bisa berjalan kaki, berharap ada kalori lebih yang terbuang. Porsi makan juga saya kurangi, dan mulai rutin minum teh hijau di pagi hari. No coffee, no sugar, no cilok isi apalagi cireng dan kawan-kawannya.

 

Hasilnya? Memang belum kelihatan signifikan, tapi sudah seminggu ini saya lebih prima dan tidak mengantuk di siang hari. Sepertinya benar, duduk manis di depan komputer selama delapan jam sehari dalam sepekan membuat saya kurang gerak. Cemilan jalan terus hingga tak sadar membuat lemak-lemak jahat dan kolesterol menumpuk. Dengan berolah raga, paling tidak dosa-dosa ngemil yang saya tumpuk selama ini bisa dinetralisir sedikit demi sedikit. Seperti kata Gita: Stay healthy dengan berolahraga! Semoga semangat ini tidak hanya menghangat di awal, lalu pergi terbawa angin. Seperti cinta palsu yang ditawarkan mas-mas yang sudah hanyut di kali Ciliwung itu. Haks!

 

#Onedayonepost #ODOPbatch5 #nonfiksi